Kelebihan dan Kekurangan Internet

www.media-jomber.blogspot.com/2017/04/kelebihan-dan-kekurangan-internet.html

Kelebihan dan Kekurangan Internet - helo gaes kali ini saya akan membahasn tentang Kelebihan dan Kekurangan Internet, yuk simak dibawah ini.

Kelebihan internet sebagai sarana pendukung kebutuhan masyarakat, khususnya dalam ilmu pengetahuan dan bisnis, yaitu sebagai berikut.

Kelebihan Internet

1. Konektivitas dan Jangkauan Global

Pada internet, jaringan yang terjalin bersifat global tanpa mengenal batas ruang, waktu, dan birokrasi, ketika akses data dan informasi melampaui batas-batas negara dan protokoler. Misalnya kamu membutuhkan referensi dan sumber informasi untuk kebutuhan riset, akan menjumpai berbagai sumber dan informasi dalam internet secara global tanpa harus mendatangi sumber dan informasi tersebut. Di samping itu, jika kamu pelaku bisnis, maka internet dapat sebagai salah satu tempat untuk berpromosi kepada pengguna di seluruh dunia. Dengan demikian, kebutuhan informasi tersedia di internet dengan jangkauan global tanpa batas-batas negara.

2. Interaktivitas dan Fleksibilitas

Pada dunia internet, komunikasi dengan pengguna di dunia tanpa batas ruang dan waktu. Komunikasi yang kamu lakukan dapat secara interaktif, misalnya dengan fasilitas chatting. Di samping itu, kamu dapat mengikuti informasi perkembangan terbaru, misalnya dalam bisnis secara fleksibel dan dapat dikomunikasikan dengan pengguna lain.

3. Akses 24 jam

Akses di internet tidak dibatasi dengan waktu, karena di mana pun dan kapan pun dunia maya (akses internet) tidak pernah tidur. Perbedaan zona waktu dan ruang tidak dikenal dalam menjelajah internet. Misalnya kamu mengakses internet pada malam hari di Bekasi, maka di belahan dunia lain (misalnya Afrika dan Amerika) adalah siang hari, demikian juga sebaliknya.

4. Kecepatan

Kecepatan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi di internet menjadi salah satu pertimbangan pengguna dalam menggunakan internet. Pencarian informasi dengan internet lebih cepat dibandingkan dengan pencarian secara manual. Kamu tinggal mengklik pada salah satu ikon dan tunggu beberapa saat, maka informasi tersebut sudah kamu dapatkan.

Kekurangan Internet

Di samping kelebihan-kelebihan tersebut, internet juga mempunyai kekurangan. Kekurangan tersebut, antara lain sebagai berikut.

1. Ancaman Virus

Salah satu masalah dalam dunia internet adalah ancaman virus yang selalu berkembang seiring perkembangan dunia komputer maupun perkembangan internet itu sendiri. Berbagai virus telah berkembang dan penyebarannya pun bervariatif, khususnya menyebar lewat jaringan global internet, baik lewat e-mail maupun pada file-file yang diperoleh melalui download internet.

2. Ketergantungan pada Jaringan Telepon, Satelit, dan Internet Provider

Fasilitas jaringan telepon, bahkan satelit serta ISP menjadi sangat berpengaruh terhadap biaya pemakaian internet. Jika kamu mengakses internet dial-up, maka kenaikan tarif pulsa telepon dan ISP menjadi pengaruh yang cukup kuat terhadap akses internet. Selain itu, saluran telepon di indonesia masih lambat, terbatasnya bandwith sistem transmisi yang disediakan ISP dan banyaknya pelanggan yang mengakses internet dalam waktu bersamaan akan memengaruhi akses internet.

ya, demikian artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Internet, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan terima kasih sudah berkunjung :D       

Comments

  1. Kemarin kyai saya berpesan bahwa dampak dari internet itu sangat berbahaya terlebih lagi terhadap remaja yang masih labil, sebagai orang tua kita harus memantaunya secara berkala, itu pesan beliau

    ReplyDelete
  2. Banyak pengguna internet didunia ini namun dilihat dari penggunaannya banyak juga digunakan sebagai tindak kejahatan di internet, seperti penipuan, pemerasan, dll. Jadi kita harus mengetahui mana yang positif dan negatif di internet

    ReplyDelete
  3. yang paling dikhawatirkan bagi pengguna internet adalah candu terhadap penggunaan akses jaringan internet. karena jika sudah terlanjur ketagihan misalnya pada media sosial maka kegiatan offline lainnya akan banyak terbengkalai sehingga dapat menyebabkan dampak negatif dalam kehidupan sehari-hari kita.

    ReplyDelete

Post a Comment