Pengertian Internet


Pengenalan Internet - Siapa sih yang tidak kenal dengan internet ? Dalam kehidupan kita saat ini, internet merupakan media yang sudah tidak asing lagi. Apakah kamu dapat menjelaskan tentang pengertian internet ? Internet merupakan suatu jaringan antar komputer yang saling terhubung, dengan media penghubung, misalnya satelit atau frekuensi radio, sehingga komputer tersebut dapat saling berkomunikasi.

Internet berasal dari kata interconnected network yang mempunyai arti hubungan berbagai komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan. Internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain untuk keperluan komunikasi dan informasi. Komputer - komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh belahan dunia, sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Pengertian lain adalah internet ibarat nya sebuah kota elektronik yang sangat besar di mana setiap penduduk memiliki alamat (Internet Address) yang dapat berbagi informasi. Jika penduduk itu ingin berkeliling kota, cukup dengan menggunakan komputer sebagai kendaraan. Jaringan jalannya bertumpu di atas sarana atau media telekomunikasi. Jalur lambatnya menggunakan line telepon dan jalur cepatnya bisa menggunakan leased line atau ISDN. Sampai sekarang diperkirakan ada lebih dari 30.000 jaringan dengan alamat kurang lebih 30 juta di seluruh dunia, maka internet bisa kita sebut dengan ruang maya.

Informasi di internet sangat bervariasi, meliputi pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, sosial, ekonomi, politik, dan untuk mengakses nya dibutuhkan suatu pengetahuan dan keterampilan tersendiri. Pengetahuan dan keterampilan internet tidak hanya meliputi kemampuan teknik pengaksesan, tetapi meliputi pengetahuan akan dampak - dampak negatif akibat bebas dan derasnya arus informasi lewat internet dan keterampilan menyikapinya. Untuk itu, pada masyarakat pengguna internet, terutama pelajar, perlu ditanamkan sikap waspada, disiplin, dan tanggung jawab dalam berinternet.

ya itulah tentang Pengertian Internet, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Demikian dari saya terima kasih :D

Comments