Sebelum Dan Awal Mula Terbentuknya Internet


Kalau sebelumnya saya membahas tentang Pengertian Internet, kali ini saya akan membahas Sebelum Dan Awal Mula Terbentuknya Internet. Yuk simak penjelasanya di sini :D

Sebelum Dan Awal Mula Terbentuknya Internet

a. Sebelum internet

Bagaimana sejarah terwujudnya internet ? Sebelum internet ada, ARPAnet (Usa Defense Advanced Research Projects Agency), atau Departemen Pertahanan Amerika telah mengembangkan jaringan internet untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, karena apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Jaringan ini dikembangkan oleh beberapa komputer mainframe yang dihubungkan bersama - sama dalam tahun 1960an sebagai proyek Agensi.

Penyelidikan termaju (ARPA) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (USA). Awal mulanya, ARPA menghubungkan empat komputer kerangka utama yang terletak di Stanford Research Institute, University of California di Los Angeles, university of California di Santa Barbara, dan University of Utah. Tujuan awal dari pembentukan jaringan ini adalah untuk menghasilkan satu jaringan yang memperbolehkan proses pemindahan dan pengambilan data yang terhubung di antara komputer satu dengan komputer lain yang terletak di tempat - tempat berbeda melalui beberapa jalur komunikasi berlainan.

Keadaan hubungan aliran komunikasi yang berulangan ini memang dibuat sedemikian rupa supaya proses pemindahan data tidak terganggu seandainya ada peperangan, atau lainnya. Karena itu, fungsi komputer dibuat bentuk dalam kondisi tidak terpusat supaya tidak ada satu bagian atau kawasan khusus yang dimusnahkan ketika keadaan sedang perang, sehingga apabila salah satu pusat pengendali komputer hancur tidak akan menghancurkan sistem komputer yang lain. Dalam tahun - tahun berikutnya, berbagai macam jaringan komputer dihubungkan kepada ARPAnet dan keseluruhan jaringan tersebut membentuk internet.

b. Awal mula terbentuknya internet

Semenjak pertengahan 1980-an, satu negara bagian di Amerika Serikat yang dinamakan National Science Foundation (NSF), dan negara bagian lain di Amerika Serikat diberi kuasa untuk mengembangkan jaringan internet. Pada masa awal perkembangan internet, jaringan internet ini tidak dikembangkan untuk keperluan komersial, tetapi lebih dititik beratkan pada bidang sicence dan militer. Ini disebabkan karena pembangunan dan pembiayaan infrastruktur internet dibiayai oleh National Science Foundation (NSF)


Ya itulah pembahasan singkat tentang Sebelum Dan Awal Mula Terbentuknya Internet. Sekian dari saya semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung :D   

Comments